Senin, 23 Februari 2015

Tips Tugas Ahir Cepat Selesai



Tugas akhir merupakan momok bagi sebagian mahasiswa yang menempuh dunia perkuliahan. Berbagai alasan yang muncul mulai dari enggan bertemu dosen hingga malasa untuk menulis karya ilmiah. Jika hanya dibayangkan memang terasa berat dalam membuat karya ilmiah sebagai tugas akhir. Namun, jika prosesnya dihayati dengan penuh kesungguhan sebenanrnya banyak hal yang dapat dipetik dari pengalaman membuat karya ilmiah.
Dalam menyusun karya ilmiah memang bukan hal yang mudah sehingga tak jarang ada yang melalui jalan pintas dengan cara membeli melalui jasa pembuatan karya ilmiah. Sebenarnya proses ini adalah salah karena dengan membeli TA akan mempersulit saat ujian dilkasankan dan mempertahankan karya didepan penguji.
Pembuatan tugas akhir adalah proses yang harus dilalui, jika proses itu dilalui dengan perasaan senang dan penuh kesungguhan pastilah akan terasa menyenangkan. Berikut adalah tips agar TA cepat selesai diantaranya:
1. Rajinlah Bertemu Pembimbing
Saat menyususn tugas akhir jangan bosan-bosan untuk bertemu pembimbing. Jika perlu konsultasi kerumah agar tersedia banyak waktu untuk berdiskusi. Namun, kadang ada halangan karena dosen pergi keluar negeri. Jangan kawatir jika sang dosen pergi keluar negeri mintalah berdiskusi lewat email atau media sosial agar lebih bisa terarah dalam penelitian. Jika memang terpaksa tidak bisa maka segeralah berganti dosen pembimbing dengan rekomnedasi dari dosen pembimbing awal agar segera terselesaikan tidak terkatung-katung menunggu ketidakpastian dan kesibukan sang dosen diluar negeri.
2. Menikmati Indahnya Coretan Dosen
Kadang ketika melihat coretan sang dosen menjadi malas karena masih banyak coretan pada tulisan kita. Coretan dalam karya itu hal biasa karena semakin banyak coretan berarti sang dosen benar-benar memeriksa karya kita sehingga jika ada kekurangan segera dapat kita perbaiki untuk menyempurnakan penelitian kita.
3. Segera Lakukan Revisi
Jika banyak hal yang harus direvisi maka segeralah melakukan revisi mumpung masih fresh segala revisi dari sang dosen masih dapat diingat. Jika ditunda-tunda maka yang ada hanyalah rasa malas yang terus membelenggu. Jangan lakukan kegiatan yang menyita pemikiran sebelum revisi, bagi yang berbagi waktu dengan pekerjaan maka prioritaskan waktu revisi disela-sela pekerjaan.
4. Jangan Takut Bertanya
Kadang kita mengalami kesulitan dalam memahami revisi ataupun materi penelitian, jika mengalami hal demikian maka jangan malu untuk bertanya pada yang ahli dibidang itu. Jika memerlukan pembimbingan khusus mintalah pembibingan khusus agar penelitian yang dilakukan bisa terarah
5. Jangan Membantah Dosen
Dalam penelitian kadang kita memiliki idealis yang tinggi, namun sepandai-pandainya murid pasti masih berpengalaman guru. Begitu pula dalam penelitian kadang kita idealis sehingga harus membantah arahan dosen. Jika memang ingin menyangkal usahakan kerangka teori yang kuat dan seolah tak merendahkan sang dosen.

Jika semua usaha sudah dilakukan maka berusahalah memohon petunjuk pada Tuhan agar senantiasa diberikan kelancaran dan segera dapat menyelesaikan tugas akhir

2 komentar: